Foto saya
cinta dan kasih sayang Ibu tak pernah usai, kasih sayang dan cintanya tetap sama meski anaknya telah tumbuh dewasa, bagi Ibu kita tetaplah anaknya yang dulu, anaknya yang selalu Ibu belai dan peluk dipangkuannya, Ibu memberi segala yang terbaik untuk anaknya, kedudukanmu Ibu begitu mulia dan terhormat.

Senin, 11 Juni 2012

Suara dan Pelukan Ibu mampu redakan stres

Apakah Anda sedang dirundung masalah dan bingung dengan siapa harus berbagi ? Terlebih coklat dan yoga tidak jua memberikan solusi. Menelpon atau mengunjungi orangtua merupakan ide yang sangat bagus.

Studi yang digagas tim riset dari amerika serikat mengungkap, berbicara dengan orang tua terutama ibu, kemudian memeluknya merupakan solusi jitu pereda stres seperti dilansir dari dailymail.co.uk, baru-baru ini.
Peneliti mengungkap mendengarkan suara orang tua meski via telepon juga memiliki efek yang sama dengan pelukan hangat dari mereka.

Penemuan ini sekaligus mengungkapkan mengapa ibu menjadi orang pertama yang mendengarkan cerita semenjak kecil hingga dewasa.

Peneliti mencatat, hormon oksitoksin, hormon yang diproduksi untuk mempengaruhi perkembangan seksual, rasa percaya diri dan nyaman, diproduksi secara alami ketika seseorang menemukan rasa nyaman dan aman.
Hormon itu pula yang memproduksi air susu ibu pasca-melahirkan. Itu sebabnya, ketika ibu menyusui, si bayi yang semula rewel mendadak tenang dan segera terlelap.

Sebelumnya, tim riset dari University of Winconsin-Madison ini membentuk kelompok diskusi beranggotakan tujuh anak berusia 12 tahun yang diharuskan berbicara dan memberikan solusi tentang soal-soal matematika di depan panel yang tidak dikenal. Pemberian tugas itu secara alami menciptakan rasa stres pada anak.

Stres itu muncul karena hormon kortisol, hormon yang memicu stres diproduksi secara berlebih pada otak.

Pada satu kasus, setelah menghadapi tekanan. Seperti tiga anak perempuan diperbolehkan menelpon ibu mereka, sepertiganya boleh bertemu dengan ibu mereka dan sepertiga lainnya menonton televisi.

Hasilnya, hormon oksitoksin secara cepat diproduksi ketika seseorang berbicara langsung dengan ibu mereka. Peneliti pun dibuat terkejut ketika anak perempuan yang diperbolehkan menelepon mendapatkan rasa nyaman seperti anak perempuan yang diperbolehkan menemui ibunya.

Peneliti dari University Wisconsin-Madison, Leslie Seltzer menuturkan hormon oksitoksin secara alami diproduksi tubuh ketika seseorang mengalami kontak fisik dan mendengarkan suara.

sungguh pelukan hangat dari  seorang Ibu adalah saat-saat yang paling membahagiakan bagi anak-anaknya, jangan lewatkan saat-saat bersama dengan Ibu dan Bapak tanpa memeluk mereka dengan penuh cinta dan kasih sayang.

dikutip dari republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar