Foto saya
cinta dan kasih sayang Ibu tak pernah usai, kasih sayang dan cintanya tetap sama meski anaknya telah tumbuh dewasa, bagi Ibu kita tetaplah anaknya yang dulu, anaknya yang selalu Ibu belai dan peluk dipangkuannya, Ibu memberi segala yang terbaik untuk anaknya, kedudukanmu Ibu begitu mulia dan terhormat.

Selasa, 04 September 2012

Tips Menjadi Ibu Teladan

Menjadi ibu yang baik, dapat menjadi teladan bagi anak-anaknya adalah salah satu cita-cita mulia bagi kaum hawa. Peran seorang ibu dalam kehidupan sangatlah berpengaruh bagi kehidupan si anak, dan dari seorang ibu-lah anak mendapatkan pendidikan yang pertama mengenai kehidupan. Berikut ini tips menjadi seorang ibu yang baik, ibu yang dapat dibanggakan anaknya :

1. Memberi ASI
ASI (Air Susu Ibu) mempunyai segudang manfaat bagi bayi. Diantaranya yaitu IQ pada bayi ASI lebih tinggi 7-9 point daripada IQ bayi non-ASI. Menurut penelitian pada tahun 1997, kepandaian anak yang minum ASI pada usia 9,5 tahun mencapai 12,9 poin lebih tinggi daripada anak-anak yang minum susu formula. Berikan ASI hingga bayi berumur 2 tahun. Ketika pemberian ASI, sentuhlah dengan lembut si bayi, sentuhan kasih sayang ini memberikan rasa nyaman pada bayi, dan terciptanya kedekatan emosional dan spiritual yang tinggi. Masih banyak manfaat ASI bagi bayi, dan ini hanya bagian kecilnya saja.

2. Mengenalkan Tangan Kanan
Berikan pengetahuan mengenai fungsi tangan kanan, biasakan untuk memakan, mengambil sesuatu dengan tangan kanan. Tugas tangan kanan berbeda dengan tangan kiri. Makan dengan tangan kiri merupakan kebiasaan Syetan, begitu keterangan hadist nabi.

3. Mendongeng Sebelum Tidur
Selain memberikan kedekatan emosional dengan anak, dongeng juga dapat meningkatkan keterampilan berpikir bagi anak. Karena dengan dongeng, anak akan memvisualkan apa yang ia dengar, membayangkan tokoh-tokoh dari dongengan yang disampaikan. Dan dongeng lebih baik daripada menonton Televisi, karena stimulus yang ada pada TV sangat jelas, berbeda dengan dongeng yang si anak harus memvisualkan sendiri. Ceritakanlah/ berdongeng mengenai sejarah Islam untuk mengenalkan anak pada ALLAH, serta kisah-kisah kepahlawanan agar tumbuh jiwa tanggung jawab, heroic, mandiri, kejujuran. dan dari dongeng juga anak dapat membedakan prilaku yang baik dan prilaku yang buruk.

4. Mengajak Mengaji / Baca Al-Qur'an
Mengaji sejak usia dini (sekitar usia anak 3,5 atau 4 tahun) sangat bermanfaat bagi kehidupan anak dunia dan akhirat. Menumbuhkan pribadi relijius pada anak sehingga anak sangat merasa beruntung mempunyai Ibu seperti anda.

5. Mengajak Melakukan Kegiatan ( Sesuaikan dengan usia)
Jika anak perempuan dapat diajak untuk melakukan masak bersama, hal ini agar ditujukan agar muncul sisi feminimnya, kemandirian, dan juga tanggung jawab. Selain itu kebersamaan dengan ibu dapat meningkatkan kedekatan secara emosional, sehingga anak sangat membanggakan dan menghormati Ibu. Masih banyak kegiatan yang dapat dilakukan bersama, misalnya olah raga, belajar bersama, shalat berjamaah, dll

6. Menyekolahkan di Sekolah yang Terbaik
Pilihlah sekolah yang memang mengajarkan pendidikan berkarakter, dalam artian sekolah tersebut memang benar-benar melaksanakan sistem. bukan hanya sekedar hapalan, tapi juga langsung praktek atau diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. melaksanakan kedisiplinan, hormat pada orang tua, tidak harus sekolah mahal tentunya, sekolah sederhana yang berorientasi pada Iman pada ALLAH tentu lebih baik dll.

7. Mengajarkan Cinta Sedekah
Selain manfaat yang diperoleh dari sedekah, anak juga akan semakin tanggap dan peka terhadap lingkungan, jiwa sosial yang tinggi, dan dermawan. serta sangat memiliki hati yang perasa pada penderitaan orang-orang yang ada disekitarnya.

“ Setiap kalian adalah pemimpin, dan akan dimintai pertanggung jawaban “ ( HR. Bukhari-Muslim)

" Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka..." (QS At Tahrim: 6)


dikutip dari psycholovegy.com dengan sedikit tambahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar